Jumat, 09 Mei 2008

Bill Gates Tawarkan TI Pendidikan di Indonesia


ImageSIAP MEMBANTU: Chairman Microsoft Corporation Bill Gates (kiri) bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor Kepresidenan, Jakarta.

Chairman Microsoft Corporation Bill Gates tertarik untuk membantu pengembangan teknologi informasi (TI) dalam dunia pendidikan di Indonesia.Komitmen Bill Gates tersebut disampaikan langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kantor Kepresidenan,Jakarta,kemarin.

”Bicara soal pengembangan pasar TI dan sebagainya, beliau mengatakan bahwa Microsoft masih akan terus melakukan sesuatu di bidang pendidikan terhadap para guru dan murid di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie seusai mendampingi Presiden SBY menerima Bill Gates kemarin.

Bill Gates yang merupakan salah seorang pendiri perusahaan peranti lunak terbesar di dunia datang ke Indonesia untuk memenuhi undangan Presiden SBY, sekaligus untuk mengisi forum Presidential Lecture dan Goverment Leaders Forum-Asia (GLFAsia) wilayah Asia Pasifik.Kedatangan Bill Gates ke Kantor Kepresidenan didampingi Presiden Microsoft Asia Pasifik (APAC) Emillo Umeoka dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Tony Chen.

Saat menerima Bill Gates, Presiden SBY didampingi Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensesneg Hatta Rajasa, Mendiknas Bambang Sudibyo, Menlu Hassan Wirajuda, Menkominfo M Nuh,Menkes Siti Fadilah Supari, dan Jubir Kepresidenan Dino Patti Djalal. Dalam pertemuan selama satu jam,menurut Aburizal,Presiden SBY dan Bill Gates banyak mendiskusikan mengenai akses internet di berbagai daerah di Indonesia yang masih banyak memerlukan perbaikan.

”Presiden telah mengatakan bahwa bagi setiap kegiatan,TI akan sangat dibutuhkan.” Indonesia berharap dapat mengejar suatu ketertinggalan TI itu untuk dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan menjadi lebih baik,”ujarnya. Selain dunia pendidikan, menurut Aburizal, perlu dilakukan di Indonesia, antara lain berbagai hal yang sifatnya e-goverment,bisnis,unsur teknologi, kesehatan.

Presiden juga telah menginstruksikan adanya kepemilikan komputer secara besar-besaran di Indonesia, khususnya untuk sekolah di tingkat SMP dan SMA. ”Di situ kalau kita bisa mendapatkan satu komputer dengan harga yang jauh lebih murah. Bill Gates mengatakan pada angka USD200, maka sudah mendapatkan komputer yang baik, dan Microsoft tawarkan software gratis bagi sekolah-sekolah di Indonesia,”jelasnya.

Aburizal mengatakan,Bill Gates berkomitmen membantu pengembangan layanan peranti lunak di Indonesia, seperti halnya di India. ”Bill Gates mengatakan menyanggupinya, tapi bukan melakukan investasi khusus di Indonesia. Tapi kanyang kita lakukan, Microsoft kemudian menawarkan software-software gratis di sekolah-sekolah dan sebagainya,”ujar Aburizal.

Mengenai tindak lanjut kerja sama Microsoft Inovation Center,yang digagas Presiden saat bertemu dengan Bill Gates di AS pada 2006 lalu,Menkominfo M Nuh mengatakan saat ini program tersebut sudah berjalan. Menurutnya, Microsoft Inovation Center terdapat di empat perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia, ITB,UGM,dan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya.

”Dari empat perguruan tinggi ini nanti akan dikembangkan dan empat yang sudah ada itu akan diperbesar, dan kita harap bisa dikembangkan ke luar atau ke lain universitas lagi,”ujarnya. Microsoft, menurut M Nuh telah menjadi legal software di Tanah Air. Dia menjelaskan, Depdiknas melakukan antisipasi sistem secara sistemik agar masyarakat secara keseluruhan sadar akan pentingnya penggunaan legal software.

Oleh karena itu, lanjut M Nuh, dari tahun ke tahun pembajakan peranti lunak Microsoft di Indonesia diharapkan semakin menurun. Pada tahun ini semua departemen juga telah diinstruksikan untuk melakukan evaluasi jumlah peranti lunak yang ada. ”Dari situ kita harapkan lambat laun nanti pembajakan kita sudah tambah kecil. Paling tidak, kita motori departemen-departemen, BUMN, dan perusahaan perusahaan besar. Hasilnya, salah satunya adalah Indonesia menjadi masuk dalam watch list dan bukan lagi di priority watch list,” tambahnya. (rarasati syarief)

sumber : seputar Indonesia



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://pendidikan.infogue.com/bill_gates_tawarkan_ti_pendidikan_di_indonesia

Google