Rabu, 09 Januari 2008

Internet Jadi Asisten

R.Budi Hartono

Zaman ekarang ini teknologi sudah sangat berkembang. Tak hanya di negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, maupun Jerman saja. Kemajuan teknologi ini juga dapat dirasakan di Indonesia, termasuk di pedalaman Sumatera selatan(pematang panggang). Salah satunya adalah masuknya internet.

Kalian pasti pernah mendengar istilah internet kan? Bahkan, sebuah iklan di televisi juga menayangkan masuknya internet di sekolah-sekolah, bahkan hingga ke desa.

Mungkin sebagian dari kita sudah tahu cara mengoperasikan atau membuka internet. Terlebih lagi bagi yang hobi bermain game online melalui internet.

Selain itu, di internet juga banyak lho bisa membantu kita untuk dapat meningkatkan atau membantu yakni;
  • kwalitas hidup/ekonomi untuk para petani. Misalnya, kita dapat mencari tahu tentang informasi cara budidaya yang benar dan tepat untuk daerah kita,harga dan stok persediaan bibit maupun obat obatan,melihat harga komoditi yang kita hasilkan sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah,dll.
  • Membantu para pelajar dalam belajar, misalnya, kita mendapatkan tugas dari ibu atau bapak guru tentang struktur tanaman. Kita sudah mencari tugas tersebut di semua buku yang ada.Namun, ternyata tetap tidak ditemukan. Nah, untuk membantu melancarkan tugas kita, kita bisa mencari di internet. Di internet banyak sekali situs-situs atau website tentang tumbuhan. Kita bisa mencari sepuasnya dan selengkapnya.Begitu pula saat kita mendapatkan tugas kliping dari guru di sekolah. Tentunya kita ingin membuat kliping yang sangat bagus dan menarik. Gambar-gambarnya berwarna dan isi kliping lengkap serta mudah dibaca. Di internet, kita bisa mendapatkan berbagai gambar yang dibutuhkan untuk membuat kliping.
Nah, tidak ada salahnya mulai sekarang kita belajar mengunakan internet. Tapi ingat, jangan sembarangan membuka website, nantinya malah tidak ada manfaatnya untuk kita,kita hidup dipedalaman dengan akses transpotasi yang sangat sulit tapi tidak menutup kemungkinan untuk melihat dunia.

Hendaknya kita sebagai nanusia apabila mau maksimal dengan kondisi ekonomi kita yang sangat minim, kita dapat menerapkan cara hidup yakni; kita mempunyai gaya hidup lokal tetapi pola pikir gelobal, nantinya kita bisa merasa hidup lebih hidup. selamat mencoba.......................

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya mau tanya, pakai jaringan apa di daerah pedalaman sumatera(pematang panggang ) bisa akses internet, saya pengen akses iternet tapi kendalanya infrastrukturnya yang tidak maksimal,tolong kasih tahu dong

iskandar syam.
pegawai kecamatan Mesuji Makmur

Anonim mengatakan...

saya pakai jaringan XL alimited, yang penting di daerah saudara ada sinyal Pro XL bisa akses, kalau kurang jelas email saya

terima kasih
salam buat semuanya

R.Budi Hartono

Google