Jumat, 11 Januari 2008

Prilaku Orang Tua dalam Perkembangan anak

R.Budi Hartono


Hasil penelitian bidang biologi dan ilmu-ilmu social terahir ini sangat membantu kita memahami berbagai penyebab timbulnya perilaku abnormal manusia. Penyebab perilaku abnormal terutama disebabkan oleh kesalahan dalam perkembangan perilaku, stress yang hebat atau kombinasi keduanya.

Kalau seorang anak menyerap nilai-nilai kriminal, ia bias menjadi kriminal karena perkembangan yang salah. Perkembangan yang salah inilah yang merupakan penyebab utama timbulnya tanda-tanda keabnormal tingkah laku pada manusia. Penyesuaian diri yang kita kembangkan bersama dengan orang-orang disekeliling kita senatiasa dipengaruhi oleh dua hal, yaitu perkembangan kepribadian kita dan oleh berbagai tingkat stress yang kita hadapi. Setiap hal yang membawa kita pada perkembangan kepribadian yang salah atau meningkatkan stress, bias menciptakan masalah.

Bila seorang mampu menangulangi secara efektif berbagai situasi yang menekannya, maka kecemasan akan hilang. Namun bila kecemasan dan stress berlanjut, tindakan yang akan diambil individu itu biasanya mengarah keberbagai mekanisme untuk mempertahankan ego, seperti menyangkal dan pembenaran diri. Ini bisa berakibat berkurangnya intergrasi dan timbulnya perilaku tidak bisa menyesuaikan diri. Proses bela diri menimbulkan ketimpangan antara realitas dan kemampuan individu itu. Ingalah pelajaran yang salah merupakan penyebab utama perilaku yang salah*

*H.Datt Sharma "Peace of Mind Mission"New Delhi

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal, saya bisa tidak kontak by email, mau konsultasi nih.........

salam
Pak Raden
Kota Waringin

Anonim mengatakan...

Saya sangat tertari dengan tulisan mas budi hartono, bisa tidak saya kasih masukan sumber refrensi, tlg kirim ke email saya:
malik_umar@gmail.com.
karena saya sedang mengadakan pengamatan terhadap pengaruh orang tua kepada anak di dalam keluarga kota.

Saya
Malik Umar
Prabumulih Sumsel

Google